Jasa Akuntansi Keuangan BAF Consulting

Jasa Akuntansi Keuangan BAF Consulting

Jasa Akuntansi KeuanganAnda pastinya pernah mendengar seputar profesi konsultan akuntansi keuangan.

Secara umum, profesi konsultan adalah tenaga profesional yang secara bebas menawarkan jasa konsultasi di bidang tertentu.

Seorang konsultan juga berperan sebagai partner untuk kliennya dalam membuat sebuah keputusan yang ada kaitannya dengan bidang yang ia kuasai.

Untuk Respon Lebih Cepat dan Konsultasi Masalah Laporan Pajak dan Keuangan silahkan Konsultasikan Masalah Pajak Anda melalui Whatsapp

WAHYU AJI MAHAMBORO

Konsultan Pajak Terdaftar

 

Dari penjelasan singkat mengenai pengertian profesi konsultan, kita bisa menyimpulkan bahwa konsultan akuntansi adalah profesi yang fokus pada penyediaan layanan untuk perusahaan-perusahaan yang memerlukan konsultasi pembuatan laporan keuangan dengan struktur yang baik dan benar.

Dalam ilmu akuntansi, laporan keuangan yang benar adalah laporan keuangan yang menunjukan adanya kesesuaian antara beban yang dikeluarkan dan keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode.

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, perusahaan-perusahaan memerlukan modal yang tak hanya berasal dari pemilik atau pengelola perusahaan saja, melainkan juga berasal dari kreditur.

Perusahaan sejenis ini dapat berbentuk sebagai badan hukum Perseroan Terbatas di mana modal yang dimiliki juga berasal dari pihak di luar perusahaan.

Di sinilah profesi konsultan akuntansi dibutuhkan. Dengan menggunakan jasa seorang konsultan akuntansi, pihak kreditur atau investor suatu perusahaan tentunya melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang ajak kerjasama.

Kreditur dan investor juga umumnya akan melakukan penilaian secara indenden dan bebas terhadap perusahaan melalui seorang konsultan akuntan.

Penilaian meliputi semua informasi laporan keuangan yang didapatkan dari manejemen perusahaan.

Profesi konsultan akun terbagi menjadi 3 divisi: jasa assurance, jasa atestasi, dan jasa non-assurance.

Jasa assurance diperlukan untuk meningkatkan mutu informasi keuangan untuk kepentingan pengambilan keputusan di suatu perusahaan.

Sementara, jasa non-assurance adalah semua urusan yang ada kaitannya dengan perpajakan dan kompilasi. Menjadi seorang konsultan akuntansi tak mudah.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti:

1. Pendidikan

Syarat yang satu ini tak hanya berlaku bagi konsultan akuntan saja, melainkan juga bagi semua profesioanal.

Oleh karena itu, janganlah pernah merasa puas dengan gelar sarjana atau gelar jenjang pendididikan yang lebih tinggi lainnya dari universitas bila ingin menjadi tenaga profesional.

Bila perlu, tingkatkan lagi ilmu dan kemampuan akademik ke tingkat yang lebih tinggi lagi; misalnya dengan mengikuti kursus profesional.

2. Sertifikasi

Untuk menjadi seorang konsultan akuntansi yang profesional dan berharga tinggi di mata klien, diperlukan sertifikasi di mana sertifikasi ini adalah bukti akan keterampilan yang Anda miliki di bidang akuntansi.

Terdapat beberapa jenis sertifkat yang ada kaitannya dengan bidang keuangan dan akuntansi, yaitu CMA (Certified Management Accountants), CPA (Certified Public Accountant), dan CIA (Certified Internal Auditors).

3. Analisis Laporan Keuangan

Sangat penting bagi seorang konsultan akuntansi untuk memiliki pengetahuan yang dalam tentang analisis laporan keuangan karena hasil analisa nantinya digunakan baik oleh pihak perusahaan bersama-sama dengan konsultan akuntansinya ketika akan mengambil keputusan.

Jadi, untuk menjadi seorang konsultan akuntansi yang hebat, Anda para konsultan akuntansi perlu lagi untuk mendalami beberapa materi tentang aktifitas dan profibilitas, rasio keuangan, leverage, dan likuiditas.

4. Kuasai Bidang Akuntansi

Untuk menjadi seorang konsultan akuntansi profesional, sudah pasti bidang yang wajib dikuasai adalah Akuntansi.

Berbekal pemahaman logika akuntansi yang detail tentunya akan sangat membantu Anda untuk menganalisa suatu kondisi keuangan di suatu perusahaan.

Tak hanya itu, sebaiknya juga Anda mengikuti ujian atau tes untuk mendapatkan sertifikat khusus untuk akuntan seperti CPA (Certified Public Accountant).

5. Kuasai Pengetahuan tentang Bisnis

Pengetahuan seputar bisnis menjadi pengetahuan lain yang juga sebaiknya dikuasai oleh seorang konsultan akuntnsi.

Bisnis, secara sederhana, dapat dianggap sebagai media aktifitas usaha yang nanti paling sering dijumpai dalam praktik kerja sebagai konsultan akuntansi.

Misalnya saja dalam suatu perusahaan, istilah-istilah dunia bisnis yang secara umum akan sering Anda dengar antara lain laporan arus kas, perencanaan, neraca, nota debet, laporan bank, nota kredit, inventory control, faktur, laporan laba-rugi, produksi, aliran dana, bank kliring, biaya marjinal, surat berharga, dan masih banyak lagi.

Karena setiap perusahaan memiliki aktifitas bisnis yang tak sama, Anda sebaiknya harus menguasai dan memahami secara detail mengenai istilah-istilah dalam dunia bisnis seperti yang disebutkan di atas.

6. Komunikasi

Seorang konsultan akuntansi yang memiliki kecakapan dalam berkomunikasi tentunya akan memiliki nilai plus di mata perusahaan/ klien.

Kemampuan komunikasi bagi seorang konsultan sangat mempengaruhi perjalanan karirnya. Kemampuan komunikasi yang baik pastinya sangat membantu Anda ketika menyampaikan konsultasi dan ide-ide, termasuk pemberian saran atau koreksi kepada perusahaan.

Akan jauh lebih baik lagi jika Anda juga menguasai bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Baca Juga Artikel : Pengadilan Pajak Jakarta : Peranan Pengadilan Pajak Dalam Sengketa Pajak

Lantas, layanan apa saja yang disediakan oleh konsultan akuntansi?

Secara umum, ada 3 layanan yang diberikan oleh seorang konsultan akuntansi, yaitu:

1. Audit

Auditing dapat dikerjakan dengan baik jika pihak konsultan akuntansi menyuguhkan informasi yang bermanfaat dan jaminan kepada pemilik/ pengelola perusahaan.

2. Tax Planning dan Manejemen

Seorang konsultan akuntansi juga siap membuat perencanaan pajak (tax planning) dan perencanaan manejemen (management planning) serta beban pajak yang sesuai dengan Reconcile Bookkeeping Service yang masih berlaku.

Konsultan akan membantu perusahaan untuk menyusun buku neraca. Dengan adanya layanan seperti ini, perusahaan akan memiliki kesempatan untuk lebih fokus lagi pada bisnisnya karena urusan manejemen keuangan perusahaan akan ditangani oleh konsultan dan divisi yang terkait dengan keuangan perusahaan.

Perusahaan juga bisa lebih fokus jalinan komunikasi dengan para investor, bank, dan mitra bisnis.

3. Layanan Inventori

Seorang konsultan akuntansi siap membantu pihak manejemen untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan mencari solusi yang tepat ketika permasalahan muncul.

Adapun tugas-tugas yang biasanya dikerjakan oleh seorang konsultan akuntansi, antara lain:

1. Mengerjakan pembuatan jurnal transaksi keuangan harian.

2. Menyusun rekonsiliasi bank tiap akhir bulan.

3. Melakukan uji fisik kas operasional/ kas kecil/ cash opname tiap bulan secara random.

4. Membuat dan menyajikan laporan keuangan dalam beberapa versi seperti laporan keuangan bulanan, semesteran, triwulanan, dan tahunan

5. Melakukan analisa kinerja dan kondisi keuangan perusahaan untuk periode triwulanan, semesteran, dan tahunan.

Berdasarkan caranya, layanan konsultan akuntansi dilaukan dengan 2 pilihan cara, yaitu:

a. Dengan mengirimkan dan menempatkan staff selama 2 hingga 3 hari dalam seminggu untuk mengerjakan aktifitas akuntansi dan pembukuan.

b. Dengan meminta klien/ perusahaan mengirimkan dokumen serta data yang ada kaitanya dengan kegiatan pembukuan dan akuntansi untuk periode mingguan.

Agar pelayanan yang diberikan memuaskan, perusahaan harus selektif ketika memilih jasa konsultan akuntansi. Sejumlah tips berikut boleh Anda jadikan acuan ketika akan memilih seorang konsultan akuntansi.

Kenali kebutuhan perusahaan anda

Sebelum memperkerjakan seorang konsultan akuntansi, kenali terlebih dahulu kebutuhan keuangan dan cermati tujuan penggunaannya.

Mengapa? Karena tiap konsultan akuntansi mempunyai spesifikasi atau kriteria yang berbeda-beda sehingga sangat penting untuk menyeleksi konsultan dengan latar belakang yang tepat dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Diskusi dengan Petinggi Perusahaan

Ada baiknya juga jika pemilihan konsultan didasarkan pada keputusan bersama alias melibatkan semua jajaran petinggi perusahaan.

Mungkin saja ada salah satu diantara mereka yang mempunyai referensi jasa konsultan akuntansi yang berkualitas dan telah terbukti kinerjanya.

Perhatikan sertifikat dan lakukan interview untuk mengetahui kompetensi dan kualitas profesionalismenya.

Gunakan informasi dibawah ini untuk menghubungi kami

Baik untuk konsultasi maupun berminat menggunakan jasa akuntansi keuangan dari Jasa Pengurusan Pajak CONSULTING . Kami akan segera merespon pertanyaan Anda secepat yang bisa kami lakukan. Terima kasih.

Jasa Pengurusan Pajak Consulting | Jasa Akuntansi Keuangan Jakarta

Jl.Marga Satwa Raya No. 10 C Pondok Labu – Cilandak
Jakarta Selatan 12450, INDONESIA
WAHYU AJI MAHAMBORO

 

Konsultasi Pajak Lewat Whatsapp

[pgp_title]

CARA AMAN PILIH KONSULTAN PAJAK

Pastikan konsultan pajak anda terdaftar di SIKoP (Sistem Informasi Konsultan Pajak), anda dapat melihat status konsultan pajak anda dengan klik link dibawah ini. Lalu pilih NAMA pada kolom "NPWP,NAMA,Nomor KEP" dan masukkan nama konsultan pajak anda di kolom "KATA KUNCI"  dalam hal ini masukkan WAHYU AJI MAHAMBORO lalu pilih status "AKTIF" dan klik "CARI"  

https://konsultan.pajak.go.id/front/carikonsultan
Jika Konsultan Pajak anda terdaftar maka akan muncul report seperti dibawah ini.
Cara Aman Pilih Konsultan Pajak

Tanya Konsultan Pajak Kami

Jika ada kesulitan dalam hal perpajakan untuk perusahaan, usaha atau bisnis dan anda sendiri. Silahkan isi form konsultasi dibawah ini

atau melalui Whatsapp dengan klik link dibawah ini

BlogKonsultanPajak.com

* indicates required
Pekerjaan
Layanan Yg Diperlukan